Resep Gulai Manis Ikan Nila


Hallo Bunda, kali ini aku hadir lagi dengan menu resep terbaru. Yap kali ini aku bakalan share resep gulai ikan nila. Menu ini jadi andalan aku banget kalau lagi stuck bosen dengan menu yang itu-itu aja. Hehe

Siapa sih yang nggak suka ikan nila? Ikan nila atau ikan mujair ini adalah salah satu ikan yang banyak dan mudah di temukan di pasar. Ikan sungai atau ikan air tawar satu ini cocok banget buat menu keluarga hingga buat MPASI anak. Di panggang, di goreng, di sambal, di buat pecel, buat pendap (makanan khas Bengkulu), dan banyak lagi olahan lainnya. Kalau Bunda suka buat olahan ikan nila seperti apa, nih?

Ikan Nila memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, seperti:

Source: IG @ikansegarpakman_pku

  • Protein
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Seng
  • Zat Besi
  • Omega-3
  • Selenium

Dan dengan berbagai kandungan tersebut di atas, maka mengkonsumsi ikan nila memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Seperti:

1. Menjaga kesehatan otak dan jantung

2. Menangkal radikal bebas

Baca juga: Resep soto ayam spesial

3. Menurunkan berat badan

4. Mencegah anemia defisiensi besi

5. Meningkatkan kesehatan mata

Ikan nila asap
(Source: FB Sustiana)
So, setelah tau banyak nutrisi baik dan manfaatnya bagi tubuh, sering-sering buat olahan dari ikan nila, yuk Bund. Seperti olahan satu ini. Langsung aja, ya kita ke resep.

Bahan-bahan: 

  • Ikan Nila ukuran sedang 2 ekor, potong menjadi 3 bagian (bagian kepala di belah)
  • Tempe 1 bks (potong segi panjang ukuran sedang)
  • Tahu 3 buah (potong segi panjang ukuran) sedang
  • Kacang panjang (Potong panjang meruncing)
  • Buah rimbang 2 ons (saya skip)
  • Petai 2 papan (saya skip)
  • Tomat hijau 1 buah, iris (saya skip)
  • Cabe hijau 20 buah
  • Serai 1 batang
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Kelapa 1/2 buah (parut dan ambil santannya), boleh pakai santan instan
  • Garam 
  • Kaldu
  • Penyedap rasa

Bumbu halus:

  • Lengkuas (2 ruas)
  • Jahe (1 ruas)
  • Kunyit (1 ruas)
  • Bawang merah (5 siung)
  • Bawang putih (1 siung)

Cara Membuat:

Gulai manis ikan nila

  1. Goreng ikan nila hingga garing, tiriskan
  2. Goreng tempe dan tahu hingga menguning, tiriskan
  3. Goreng petai dan cabe hijau hingga layu, tiriskan
  4. Goreng buah rimbang hingga layu, tiriskan
  5. Goreng sebentar bumbu halus dengan api sedang cenderung kecil
  6. Masukkan irisan tomat
  7. Lalu campurkan serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam bumbu halus
  8. Masukkan santan, masak hingga santan mendidih.
  9. Setelah santan mendidik masukkan ikan, tempe, tahu, petai, cabe keriting, dan tomat.
  10. Tambahkan garam, penyedap rasa dan kaldu sesuai selera
  11. Cecap rasa dan kecilkan api
  12. Matikan kompor dan sajikan

Baca juga: Resep tekwan udang

Nah, sekarang ikan nilai gulai manis nya udah jadi ya, Bunda. Ini rasanya padu banget. Gurih dan nikmat disantap bareng keluarga. Dimakan pake nasi hangat cocok banget. Untuk yang kurang suka santan, porsi santannya bisa dikurangin ya saat memasak.

Ikan nila bisa dibuat berbagai olahan
(Source: IG @laperbener)
Yuk , cobain juga di rumah dan share hasil karya mu disini, Bund🥰

Happy Cooking🤗

Sumber: 

https://www.alodokter.com/5-manfaat-ikan-nila-untuk-kesehatan

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik-baik ya teman-teman. :-)

I'm Part Of:

I'm Part Of: