8 Ramuan Herbal untuk Mengatasi Batuk pada Anak: No 5 Ampuh Banget!

 

Hallo Bunda..

lagi musimnya pancaroba, ya Bund. Musimnya sakit menyerang anak-anak kita. Terutama penyakit batuk dan pilek. Hal yang membuat bunda-bunda makin khawatir adalah maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak yang disinyalir akibat minum syrup obat. Tentu ini membuat Bunda tambah galau karena syrup adalah pertolongan pertama yang biasa bunda berikan pada anak. Alih-alih buat sembuh, malah mendatangkan penyakit lain yang lebih parah.

Meski pada akhirnya di klaim hanya beberapa syrup saja yang menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak dan sudah keluar beberapa merk obat yang tetap aman dikonsumsi jika sesuai dosis, namun tetap aja ada rasa was-was tersendiri kalau masih memberikan obat syrup pada anak.

Nah, untuk itu, selama batuknya biasa dan wajar di alami anak-anak, ada baiknya kita coba dulu obat herbal atau obat alami yang bisa kita ramu sendiri di rumah, yuk Bund. Namun jika batuknya udah parah dan udah nyoba berbagai ramuan tapi tak kunjung sehat, sebaiknya segera bawakan aja anak ke dokter.

Baca juga: Tips memberi obat pada anak

Oya, oba herbal ini tidak selalu efektif pada setiap anak, ya. Jika satu ramuan cocok untuk satu anak, belum tentu ramuan tersebut cocok pada anak lainnya. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh imun masing-masing anak. Jadi bunda boleh dicoba aja dulu ramuan mana yang paling cocok pada anak Bunda. Asal jangan memberi ramuannya dengan jarak yang berdekatan aja, untuk mengamati ramuan/herbal mana yang paling efektif.

Beberapa ramuan herbal ini aku rangkum dari testimoni ibu-ibu yang sudah manjur buat anaknya, juga aku rangkum dari internet yang sumbernya aku cantumkan di bawah ini.

Berikut beberapa obat herbal alami yang bisa kita berikan pada anak saat batuk dan pastinya obat herbal ini mudah ditemukan

1. Jahe+Kecap

jahe+kecap untuk obat batuk
Bunda pasti punya stok kecap di rumah kan, Bund? Buat campuran nasinya anak-anak, buat bumbu dapur, dll. Nah, ini bisa jadi obat batuk untuk anak, loh. Kecap yang dicampuri dengan jahe.

Jahe juga memiliki banyak manfaat. Selain buat memperkuat sistem imun, juga bisa dijadikan obat batuk. Saat batuk, tenggorokan yang terinfeksi dapat terjadi peradangan dan iritasi. Untuk meredakannya, kita pun memerlukan bahan alami yang memiliki kandungan antiinflamasi, antibakteri dan anti virus. Dan ketiga kandungan tersebut terdapat dalam jahe.

Caranya: Campurkan sedikit jahe+kecap ke dalam gelas. Aduk lalu minumkan langsung.

2. Jahe+Gula Merah

gula merah memiliki anti alergi
Gula merah atau gula aren memiliki khasiat untuk mengobati batuk kering juga batuk berdahak, karena mampu membersihkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir.

Selain itu, gula merah juga memiliki sifat anti alergi yang berguna bagi penderita gangguan pernapasan seperti asma agar dapat diatasi dan tidak mudah kambuh.

3. Sadap Air Lengkuas

Resep ini awalnya aku ketahui dari Paman. Ia menyarankan ini saat anak ku batuk lama dan nggak sembuh-sembuh. Dan cara ini juga bertebaran banyak di internet.

Caranya: Sadap batang lengkuas dan biarkan airnya masuk ke dalam botol. Disadap saat sore hari sebelum magrib, lalu paginya diambil untuk diminumkan ke anak.

4. Bunga Belimbing Wuluh+Madu

bunga belimbing wuluh untuk obat batuk
Punya batang belimbing di depan atau di belakang rumah bund? Atau pohon belimbing milik tetangga yang buah lebatnya dibiarin aja berguguran ke tanah?

Nah, daripada terbuang begitu saja, mending sebelum berbuah, bunganya kita manfaatin aja buat obat.

Caranya: Ambil segenggam bunga belimbing, cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air. Tunggu menyusut hingga jadi setengah gelas, campurkan sedikit madu, diamkan sebentar, lalu minumkan ke anak.

5. Madu+Jeruk Nipis+Air Hangat

madu+jeruk nipis+air hangat
Siapa sih yang nggak tau begitu besarnya manfaat sari nektar dari lebah ini? Saking besarnya, khasiat madu bahkan ada di dalam Al-Qur'an. Dapat mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan madu memiliki efek antioksidan, antiinflamasi dan demulcent.

Demulcent adalah zat yang dapat membentuk lapisan di selaput lendir, sehingga berfungsi sebagai penenang dan pelindung dari iritasi atau peradangan. Madu juga ternyata memiliki manfaat lainnya, yaitu membantu memproduksi lapisan pelindung yang meringankan iritasi atau inflamasi pada membran mukosa.

madu kaya khasiat
Madu bisa diolah dengan berbagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah batuk.  Seperti yang sudah saya lakukan sendiri ke anak saya dan Alhamdulillah efektif.

Caranya: Masukkan sedikit jeruk nipis dan madu ke dalam gelas, lalu larutkan dengan air hangat kuku. Aduk dan berikan pada anak. Tes rasa panasnya pada punggung tangan ya, Bund. Khawatir nanti jika terlalu panas, malah membuat lidah anak jadi terbakar. Ramuan ini juga rasanya enak, loh. Insyallah anak-anak pada suka.

6. Teh Daun Mint

kandungan menthol pada mint bersifat analgesik (pereda nyeri)
Daun mint memiliki bau yang khas, wangi, serta menyegarkan. Sering digunakan untuk campuran aneka olahan makanan, minuman, hingga sekadar garnish.

Selain itu, daun mint juga bisa dimanfaatkan untuk obat, loh. Mint ditemukan sebagai agen antitusif yang sangat efektif untuk meredakan gejala batuk. Daun mint mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Kandungan menthol dalam daun mint juga bersifat sebagai analgesik atau pereda nyeri saat batuk. Bunda bisa menjadikannya obat dengan diramu menjadi teh.

Baca juga: Dampak negatif memarahi anak

Caranya: Masukkan beberapa helai daun mint ke dalam air panas lalu tunggu beberapa saat sebelum diminum. Bisa ditambahkan dengan sedikit madu.

7. Bawang Putih+Madu+Teh

bawang putih bersifat antimikroba
Bawang putih pasti selalu siap di rumah ya, Bund. Bahan wajib untuk bumbu dapur.

Nah,  bawang putih juga bisa dijadikan obat batuk, loh. Sifat antimikroba yang terdapat dalam bawang putih mampu menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan dahak berlebih. Hal itu berkat senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan.

Minumlah larutan obat batuk ini paling tidak dua kali sehari untuk meredakan batuk dan rasa sakit di tenggorokan.

Caranya: Ambil 1 ruas bawang putih, iris halus masukkan dalam gelas. Tambahkan sedikit madu dan masukkan teh. Seduh dengan air hangat. Setelah dingin, minumkan sedikit demi sedikit

8. Konsumsi Sup Ayam atau Sup Tulang

sup ayam untuk meredakan gejala batuk
Sup ayam atau sup kaldu tulang, memang tidak bisa mengobati batuk secara langsung. Namum setidaknya ini bisa meredakan berbagai gejala akibat flu batuk. Bisa membuat nafas lebih segar, dahak jadi encer,  dan membangkitkan semangat. Sebaiknya dikonsumi saat sup dalam keadaan masih hangat.

Gimana, Bund? Udah pernah nyobain ramuan herbal yang mana aja? Dan anak bunda cocoknya ramuan herbal yang mana, nih? Kalau anakku no.1 ampuh banget. Cobain juga, yuk..

Sumber:
  • https://hellosehat.com/pernapasan/pilek/obat-batuk-alami/
  • https://www.honestdocs.id/manfaat-gula-aren
  • Beberapa pict by canva

11 komentar

  1. Kalau saya biasanya pakai jahe dan kunyit, jadi obat batuk buat anak-anak juga, dan ga dikasih apa-apa, sengaja diminumin tanpa tambahan gula atau madu, biar anak-anak tahu, sakit itu nggak enak, jadi mereka wajib jaga kesehatan hahaha

    BalasHapus
  2. Bener banget, Mba! No. 5 ampuh! Aku pertama kali tau cara itu waktu covid. Soalnya batuknya nggak berhenti2 padahal sampai coba minum obat batuk hitam lho. Akhirnya sekarang tiap tenggorokan gaenak dikit, minum air hangat + madu + lemon. Apalagi aku emang doyan yg kecut2 gitu hehe

    BalasHapus
  3. Kalau mamaku gula jawa sama gula merah kak diseduh trus diminum anget2. Ampuh selama ini, cuma semenjak kena lambung udh jarang minum gula jawa sama asem jawa lagi.

    BalasHapus
  4. kalo saya pakai wedang jahe, cengkeh dan kayumanis
    sangat membantu
    dulu, hampir tiap bulan saya sakit batuk yang nyiksa banget
    Alhamdulialh, sekarang kalo batuk cuma agak sakit tenggorokan dan serak, terus sehat lagi

    BalasHapus
  5. Jahe plus gula merah favoritku juga, mba. Badan jadi anget dan tenggorokan lebih lega. Meski harus rutin diminum juga biar cepet sehat. Aku minum 2 gelas per hari.

    BalasHapus
  6. Madu + jeruk nipis + air hangat. Bener banget ini yang paling ampuh. Jangankan untuk anak-anak tapi juga tokcer untuk orang dewasa. Setidaknya bisa jadi obat herbal dan pertolongan pertama saat menderita atau terserang batuk. Bahkan saat tenggorokan mulai gatal, 3 kombinasi ini langsung saya sedu biar batuknya gak nongol.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, pas banget nih mbak. Anak-anak di rumah lagi batuk. Kalau selama ini nomor 5 yang sering dipakai untuk membantu meredakan. Juga nomor 8 kalau lagi batuk, flu, istri selalu buatkan sup ayam.

    BalasHapus
  8. Dulu kalau lagi flu selalu dibuatin sup ayam jagung sama mamah. Makanya saya selalu buatin hal yang sama ke anak-anak. Eh, gak taunya mereka malah suka banget. Jadinya gak harus menunggu flu untuk bikin sup ayam jagung. Kecap manis dikasih jeruk nipis juga selalu dijadiin obat ketika anak-anak sedang batuk

    BalasHapus
  9. kalau menurut aku, yang paling ampuh nomor 7. madu + teh + bawang. tapi lebih ampuh lagi kalau pakai bawang lanang/tunggal

    BalasHapus
  10. Belimbing wuluh nih ampuh banget buat obat batuk bisa untuk anak maupun dewasa saya juga konsumsi ini kalau terkena batuk kak

    BalasHapus
  11. Nah ini nih yang bisa gantiin obat kimia yang sekarang bikin kita khawatir ya. Alhamdulillah, aku juga sering deh pake yang nomor 5 itu. Kalo batuknya sama sakit tenggorokan, aku pakenya asam jawa + gula jawa. Alhamdulillah reda. Sehat-sehat semuanya. :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik-baik ya teman-teman. :-)

I'm Part Of:

I'm Part Of: