Tips Biar Bunda Makin Rajin Masak di Rumah: Nomor 4 Membantu Banget!

sabun cuci piring

Memasak adalah satu hal yang sudah menjadi kewajiban bagi seorang wanita. Terutama Bunda yang memilik peran penting untuk memperhatikan gizi dan kesehatan keluarga.

Namun, kadangkala ada juga Bunda yang malas untuk masak sendiri di rumah dan memilih untuk belanja makanan lewat aplikasi. Selain dampaknya yang bikin boros dan pengeluaran jadi membengkak, hal ini juga membuat kurang ter-perhatikannya gizi keluarga. Karena makanan cepat saji yang sebagian kurang sehat. Apalagi sejenis junkfood.

Nah, buat Bunda yang malas masak namun tetap ingin memasak di rumah demi tercukupinya gizi anak maupun suami di rumah, aku ada beberapa tips yang bisa Bunda terapkan di dapur. Semoga setelah membaca dan mempraktekkan hal di bawah ini, Bunda jadi lebih bersemangat masak sendiri di rumah yaa..

1. Desain dapur sesuai selera

Desain dapur menentukan mood masak
Dapur adalah kunci utama semangat atau tidaknya memulai rutinitas memasak di dapur. Maka saat membangun rumah, jangan lupa untuk mendesain dapur semenarik dan secantik mungkin ya, Bund. Biar bunda makin semangat masaknya.

2. Persiapkan bahan dan perlengkapan masak

siapkan bahan dan perlengkapan masak lainnya
Biar nggak bikin badmood, maka bahan dan perlengkapan dapur juga harus lengkap. Mulai dari bermacan-macam jenis wajan, sendok, piring, spatula, dll.. Beli perlengkapan tersebut sesuai kebutuhan dan keahlian Bunda dalam memasak.

Juga bahan-bahan memasak seperti bahan mentah, bumbu dapur, daging-dagingan, telur, dan lainnya yang tentu sehat buat keluarga. Simpan dengan rapi di kulkas biar gampang diambil saat mau diolah jadi masakan.

3. Masak bareng pasangan atau keluarga

masak bareng bestie juga membangkitkan semangat masak
Saat Bunda lagi santai, atau saat akhir pekan, coba ajak pasangan atau anak agar sama-sama mengeksplor dapur, yuk, Bund! Hal ini selain meningkatkan bounding dengan pasangan atau anak, juga membuat semangat Bunda bertambah saat memasak. Bunda dan suami atau anak-anak bisa mulai masak masakan favorit bersama. Suami atau anak-anak bisa membantu iris-iris sayuran, sementara Bunda yang bertugas mengolahnya di atas kompor. Seru, bukan?

Nah setelah masak jangan lupa ajak Suami atau anak-anak untuk ikut membersihkan peralatan dapur yaa, seperti mencuci pakai sabun cuci piring, mengelap kompor, dll. Dan untuk mengatasi masalah mencuci piring bunda, Bunda bisa mempercayakan kebersihan alat-alat masak Bunda dengan Sparkle sabun cuci piring jeruk nipis. Biar makin semangat masaknya ya, Bunda!

4. Gunakan metode food preparetion

food preparetion: metode masak yang lagi nge-trend saat ini
Ini adalah salah satu metode memasak yang lagi nge-trend saat ini. Mempersiapkan bahan masakan untuk waktu tertentu. Biasanya selama 1 minggu. Menu yang mau dimasak di catat dulu, lalu bahan-bahannya juga dicatat, kemudian beli di pasar sekaligus. Lalu simpan di kulkas, masak sesuai urutan hari. Menunya disesuaikan aja dengan kondisi keuangan keluarga.

Ini mempermudah Bunda banget biar nggak bingung mau masak menu apa setiap harinya. Juga membantu biar nggak bolak-balik pasar terus yang bikin capek dan menguras lebih banyak uang. Hehe

5. Masak sesuai resep

masak sesuai resep juga mempermudah Bunda untuk menentukan menu yang mau dimasak
Bunda baru memulai rumah tangga dan belum banyak tau dunia perdapuran, lalu bingung mau masak apa buat Suami? Nah, Bunda bisa searching resep di aplikasi memasak atau dari google dan youtube, ya Bund.. Catat bahan dan cara memasaknya lalu terapkan. Aku udah beberapa kali coba masak sesuai resep yang aku searching. Dan Alhamdulillah sering berhasil bikin nggak kapok masak sesuai resep lagi.

Jadi gimana, Bund. Semoga 5 tips aku di atas bisa membantu, ya agar Bunda semangat memasak tiap hari untuk keluarga. Dan jangan lupa, memasak penuh cinta adalah kunci penting lezat atau tidaknya masakan yang kita olah. Dan sebagai istri, memasak untuk keluarga adalah ladang pahala untuk tiap suapan yang masuk ke mulut anggota keluarga kita.

Keep Happy, ya Bunda! Jangan lupa untuk coba resep baru terus😊


17 komentar

  1. Memasak makanan sendiri, selain sesuai selera, juga terjamin kesehatannya, Mbak.
    Dan paling senang masak itu, kalau sebuah bahan sudah lengkap di rumah. Tidak harus bolak-balik ke warung karena lupa terasi hahaha.
    Tip menyiapkan bahan masakan sudah dipersiapkan untuk sepekan.

    BalasHapus
  2. kadang emang masak bareng pasangan tuh kelihatan lebih menyenangkan ya. Mana lebih romantis pula tuh...

    BalasHapus
  3. Kalau ada food prep memudahkan biar gak mager, apalagi kalau semisal hujan maupun ternyata tempat belanjanya lagi tutup nah kan.

    BalasHapus
  4. Wah iya food preparation ini sangat membantu lho. Meskipun cuma bikin bumbu putih atau merah, amat sangat membantu dalam menghemat waktu

    BalasHapus
  5. Wah aku malah tim yg ribet tiap hari ke pasar. Aku sukanya barang2 fresh sih. Ga mau msk kulkas kecuali emg yg bs tahan lama.

    Kecuali kl pasar jauh ya metode ini cocok dilakukan. Dan aku emg ga suka sih bikin menu yg udh paten behitu. Aku gim yg tiba2 ada ini, ya udh masak itu. Dikasih tetangga ini, ya udh makan itu. Hehe..

    BalasHapus
  6. Fix sih ini, yg nomor 4 masih belum bisa kuterapin dengan baik, haha.. padahal efeknya juga bisa menghemat pengeluaran yah, Bund.

    BalasHapus
  7. Aku nih lagi tahap dekor dapur biar agak rapi dikit soalnya kontrakan kan ya apa adanya
    Jadi harus kreatif agar dapurnya menyenangkan

    BalasHapus
  8. Bener banget sih, desain dapur ini ngefek banget ke moodku pas mau masak wwkwkwk kalo desainnya ya begitu aja akhirnya males mau masaak

    BalasHapus
  9. tips no 4 aku juga pernah praktekkin dan memang menghemat waktu banget sih, yg tadinya misal bisa sejam, aku bisa hemat waktu jd cuma 15 menitan, jd lbh bs kerjain kerjaan lain or masak menu lain deh

    BalasHapus
  10. biasanya emang dunia perdapuran ini selalu menarik untuk diulik sih ya, aku pribadi kalau masalah resep biasanya suka nyobain yang simpel dan viral. Biasanya di tik tok juga banyak selain youtube

    BalasHapus
  11. Gara-gara poin nomor tiga saya jadi berkhayal lagi masak bareng pasangan hahahahaha, aduuuhhh semoga bisa cepet serumah biar bisa masak bareng >.<

    BalasHapus
  12. bener banget :)) alat masak yang unyu2 juga bisa bikin betah hehe.. tapi yang ngebantu banget di dapur tuh memang bumbu dasar yang siap pakai dan food preparetion. sama aplikasi resep dan youtube xD

    BalasHapus
  13. Sepakat, food prep itu sangat membantu, proses masak jadi cepat dan minim sampaj

    BalasHapus
  14. Di rumah kami memang yang kreatif menciptakan menu malah suami dan anak kedua.
    Jadi suasana dapur kalau weekend selalu ramai, menyenangkan. Soalnya pada masak bareng-bareng. Aku?
    Tinggal duduk manis, ehhe.. Kan uda 5 hari mama terus yang masak.

    BalasHapus
  15. duh ini masukan banget buat aku karena udah ngga pernah masak di rumah nih.. kami pakai catering harian dan beli. karena kebetulan waktunya saya pakai buat kerja aja gitu

    BalasHapus
  16. Desain dapur itu ngaruh banget ke mood sih kalau aku, heheh. Apalagi kalau masaknya dibantu pasangan, makin semangat.

    BalasHapus
  17. Kelimanya noted banget. Apalagi kalau masak bareng pasangan. Makin keseringan nih masaknya. Hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik-baik ya teman-teman. :-)

I'm Part Of:

I'm Part Of: