Perbedaan Sistem Reimburse Dan Cashless Dalam Asuransi Kesehatan


Ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan ketika memilih suatu produk asuransi kesehatan. Selain untuk lebih berhati-hati, mengetahui secara detail produk asuransi yang ingin kita pilih membantu kita dalam mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan pembayaran premi.

Sistem klaim pembiayaan dalam asuransi kesehatan pun bermacam-macam. Hal ini tergantung pada kebutuhan serta kondisi keuangan diri kita sendiri. Ada dua macam tata cari penggantian biaya klaim yang diberikan oleh pihak asuransi kesehatan, yaitu sistem reimburse dan sistem cashless.

Kedua sistem ini pada umumnya memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun secara khusus tujuan utamanya sama yaitu membantu meminimalisir kerugian akan financial yang sering disebabkan oleh resiko kesehatan.

Resiko kesehatan memang tidak bisa di prediksi kapan terjadinya. Untuk itu meminimalisir kerugian akan resiko tersebut kita bisa memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kita, terutama dalam sistem klaim asuransi tersebut.

Metode Pembayaran

Dengan sistem cashless, metode pembayarannya tergolong lebih simple mengingat kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk perawatan maupun pelayanan rumah sakit. sistem cashless ini  merupakan fasilitas dengan sistem kartu asuransi. Jadi kita hanya perlu menunjukkan kartu asuransi, dan biaya akan di tanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Sedangkan sistem reimburse harus menyediakan uang pribadi terlebih dahulu untuk biaya pengobatan rumah sakit. Barulah nanti ketika menyerahkan kuitansi atau bukti pembayaran dari rumah sakit, biaya akan diganti oleh pihak perusahaan asuransi.

Cara Klaim


Asuransi kesehatan dengan menggunakan sistem cashless lebih memudahkan kita ketika mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. Rumah sakit tempat kita berobat akan mengajukan biaya penggantian pada asuransi yang kita punya saat kita menunjukkan kartu asuransi kepada pihak rumah sakit.

Sedangkan dengan sistem reimburse, kita yang harus mengurus semua dokumen yang dibutuhkan untuk penggantian biaya yang dikeluarkan dari uang pribadi. Dokumen tersebut berupa kwitansi bukti pembayaran, dan di ajukan ke pihak perusahaan asuransi agar mendapat penggantian uang. 

Meskipun sedikit agak repot, sistem reimburse memberi manfaat ketika kita ingin mengajukan pengajuan double dengan perusahaan asuransi yang berbeda. 

Hal ini dapat menguntungkan kita untuk penggantian biaya rumah sakit serta meminimalisir kerugian yang telah dikeluarkan dari uang pribadi.

Besaran Premi

Tentunya sistem reimburse dengan kerumitan dokumen yang harus dikumpulkan sebelumnya, memiliki keuntungan yaitu premi yang ringan. 

Premi yang ditentukan dalam sistem cashless lebih mahal karena sistem klaim yang lebih fleksibel dan praktis. sistem cashless layaknya menggunakan kartu kredit. Manfaat yang ditimbulkan tentunya lebih banyak daripada sistem reimburse sehingga membuat pembayaran premi menjadi lebih tinggi.

Sesuaikan Kebutuhan


Sistem reimburse dan sistem cashless pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. sebelum memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya kita telaah terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita direpotkan dengan pembayaran premi yang membebankan keuangan kita.

Memiliki asuransi kesehatan membantu melindungi kondisi keuangan atau financial kita ketika mengalami suatu resiko kesehatan. Kerugian yang ditimbulkan dari resiko kesehatan dapat menyebabkan kerugian financial, sehingga adanya asuransi kesehatan ini dapat membantu mengatur keuangan kita.

Jika ingin membandingkan berbagai perusahaan asuransi kesehatan sehingga kamu bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan yang paling tepat, kamu bisa kunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan, Sebuah portal atau website informasi tentang berbagai macam produk asuransi kesehatan yang bisa kita pilih dengan bijak.


Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik-baik ya teman-teman. :-)

Blogger Perempuan Network

Blogger Bengkulu