Memahami Tentang Keputihan


Hallo teman-teman khususnya teman sesama kaum hawa. Apa kabarnya? Pada sehat kan? Semoga selalu sehat ya dimanapun berada. 

Di artikel kali ini aku mau membahas tentang penyakit yang kerap dialami wanita. Yap! Keputihan. 

Kenapa aku katakan ini penyakit? Ya karena kalau dibiarkan berlama-lama bisa menyebabkan penyakit. Namun tenang! Tidak semua keputihan itu membawa penyakit juga kok. Ada beberapa macam warna keputihan, dan warna inilah yang membedakan apakah keputihan kita masih tergolong normal atau perlu diwaspadai. Sebenarnya udah lama sih mau bahas tentang keputihan. Namun baru kesampaian sekarang.  Oya, aku bahas ini berdasarkan pengalaman pribadi yaa.. Dan tentu setelah aku cari tau info seputar keputihan disana-sini.

Apa itu keputihan?

Keputihan adalah cairan atau lendir yang keluar dari vagina dan normalnya berwarna bening. Keputihan ini sebenarnya baik jika masih dalam jumlah yang normal karena fungsinya untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ intim wanita. Saat lendir ini keluar, ia juga ikut membawa sel mati dan bakteri sehingga vagina kita terlindungi dari infeksi. 

Pengalaman Pribadi Keputihan saat hamil

Keputihan bisa tergolong normal apabila jumlahnya sedikit, warnanya bening, dan tidak menyebabkan gatal. Terutama jika sedang masa menstruasi. Namun jika hamil, maka jumlah keputihan ini bisa meningkat lebih banyak. Bahkan pengalaman saya pribadi, keputihan ini cukup mengganggu saat saya hamil baik di trimester pertama, kedua maupun ketiga. 

Saat trimester pertama dahulu, ini adalah awal mula dimana keputihan saya mengalami perubahan dari biasanya. Lebih banyak, warnanya agak menguning dan gatal. Beruntungnya saya cepat periksa ke bidan. Karena bidan bilang, jika tetap dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan keguguran.

Saat itu bidan merekomendasikan untuk menggunakan obat tetes. Yaitu albothil. Diteteskan 2 tetes dalam wadah lalu dimasukkam dalam tabung suntikan yang sudah dibuang jarumnya, kemudian disemprotkan manual ke dalam vagina. Selang beberapa hari dari vagina saya keluar gumpalan besar seperti tisu basah. Ternyata itu adalah gumpalan keputihan akibat kerja albothil. Dan Alhamdulillah obat ini cukup membantu saya. Saat keputihannya balik lagi, tinggal disemprotkan kembali seperi awal.

Macam-macam keputihan

Sebenarnya hanya ada 2 macam keputihan. Yaitu keputihan normal dan tidak normal. 

1. Normal

Ia tidak memiliki warna atau berwarna putih. Tidak berbau apalagi mengeluarkan bau menyengat, jika ada bercak warna kuning di celana dalam, itu juga akibat keputihan namun masih batas normal. Selain itu, tidak menyebabkan gatal di vagina.

2. Tidak normal

Keputihan tidak normal memiliki berbagai warna. Dan warna ini menentukan standar keberbahayaannya. Warna ini mulai dari kuning, kuning kehijauan, hingga abu-abu. Selain itu jika jumlah keputihan lebih banyak dari biasanya, itu juga bisa dikatakan tidak normal apalagi diserti adanya rasa gatal di area vagina serta rasa terbakar.

Penyebab keputihan

Keputihan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Jika kita sedang hamil muda, seperti yang saya katakan di awal tadi, keputihan yang tidak normal bisa menyebabkan keguguran. Namun jika sudah hamil tua, maka keputihan bisa menyebabkan kelahiran dini, berat janin rendah, atau prematur. Selain itu, keputihan juga menjadi tanda dari kanker rahim atau kanker leher rahim. So, benar-benar perlu diwaspadai ya😊

Mencegah dan mengobati keputihan

Mencegah keputihan

1. Sering ganti pakaian dalam terutama jika sudah lembab.

2. Gunakan pakaian dalam yang lembut misal terbuat dari katun sehingga mudah menyerap keringat

3. Jangan gunakan pakaian yang ketat

4. Pastikan area vagina tetap kering

5. Segera lap area vagina setelah BAB/BAK

6. Cuci vagina dari arah depan ke belakang.

Mengobati keputihan

1. Hentikan pemakaian panty liner dan sabun khusus kewanitaan terutama yang mengandung parfum

2. Gunakan obat tetes anti bakteri atau krim (bisa tanyakan ke fasilitas kesehatan)

3. Mencuci miss v dengan menggunakan air hangat

4. Mencuci vagina dengan rebusan air sirih

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan seputar keputihan. Tetap jaga kesehatan ya sobat. Karena area miss v adalah salah satu aset berharga kita.

5 komentar

  1. Bermanfaat tulisannya, mbak. masalah ini memang lumrah dialami perempuan...

    BalasHapus
  2. Doh keputihan tuh asli bikin ga nyaman. Harus bener-bener dijaga kebersihannya ya dek, daripada daripada yakan huhuuu ga nyaman wkwkw

    BalasHapus
  3. Bagus banget informasinya mbak. Keputihan emang macam-macam ya, ada yang normal dan yang nggak. Yang paling penting pencegahan dan kebersihan yang baik.

    BalasHapus
  4. Intinya jaga kebersihan selalu...terkhusus daerah kewanitaan kita ya.

    BalasHapus
  5. nah, iya ini jangan sampai gak dilap atau dikeringkan saat usai BAB atau BAB, perlu bnaget bawa tisu kemana-mana

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik-baik ya teman-teman. :-)

Blogger Perempuan Network

Blogger Bengkulu